Skip to main content

Ketika Mendapat Tugas: Menggambar Rasulullah

Bismillah …
Seandainya Anda tinggal di sebuah rezim yang keras perlawanannya terhadap Islam. Saat itu Anda masih duduk di bangku sekolah, dan ada seorang guru memerintahkan kepadamu untuk menggambar Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam. Pertanyaannya: apa yang akan Anda lakukan?
Mari belajar menyikapinya pada anak laki-laki dalam film pendek ini.

Dessinez le Prophete
Ini sebuah film pendek yang berlatar belakang tragedi penembakan di Charlie Hebdo, Prancis. Film pendek berjudul: “Dessinez le Prophete (Draw the Prophete)” menceritakan peristiwa ada seorang guru yang meminta murid-muridnya menggambar Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam. “Gambarlah Nabi Muhammad, seolah-olah ia menjadi halaman depan koran Charlie Hebdo besok,” kata sang guru. Kemudian ada seorang siswa muslim mengangkat tangan pertanda ingin menyampaikan sesuatu, mungkin sebuah keberatan, namun sang guru dengan tegas mengatakan: “Tidak ada pertanyaan!”.
Siswa tersebut pun tercenung sembari memikirkan bagaimana menyelesaikan tugas tersebut. Akhirnya dia mendapat inspirasi untuk menulis saja kalimat-kalimat di atas kertas tersebut dengan harapan bisa menyadarkan gurunya.
Seusai menyelesaikan tugasnya, siswa itu meletakkan kertas tugasnya di bagian paling bawah tumpukan di meja gurunya.
Inilah yang ditulisnya:
Wahai yang tercinta Rasulullah.
Hari ini di sekolah, guru meminta kami menggambar wajahmu.
Aku suka menggambar, tapi aku tidak pernah melihatmu.
Lalu aku menutup kedua mataku. Dan aku melihat air mata ibu saat membaca kisah mengenai dirimu.
Aku melihat ayah shalat sepanjang malam.
Aku melihat wajah kakak tersenyum meski dia baru saja dihina orang di jalan.
Aku melihat sahabatku meminta maaf meski sebenarnya akulah yang bersalah.
Aku ingin melukiskan semua gambaran ini.
Di sini orang-orang ingin melihat semuanya, menyaksikan semuanya. Tapi aku menutup kedua mataku. Dan aku melihatmu datang kepadaku, kepada kami semua, dengan senyum yang paling sempurna. Bagaimana mungkin aku bisa melukiskan senyum yang sempurna itu?
Tetapi, bu guru tidak memberiku kesempatan bicara saat aku ingin menjelaskan hal-hal itu. Aku tidak menyalahkannya. Mungkin saja ia tidak pernah belajar mencintai seseorang yang tidak dilihatnya. Tapi aku, … aku mencintaimu meski tak pernah melihatmu.
Memang aku tak begitu pandai menggambar, tetapi aku ingin menulis. Aku ingin menulis kepadamu, Ya Rasulullah. Andai saja engkau bisa kembali hadir pada kami selama beberapa jam, beberapa detik, atau beberapa saat saja, mungkin ia akan dapat memahami.
……….
Anak laki-laki itu menulis lafaz Muhammad dalam bahasa arab di balik kertas. Sang guru merenung dan tersenyum saat membacanya di kursi taman, sepertinya tulisan itu amat menyentuh perasaannya.
Mokhtar Awards (Paris) mengunggah video ini ke Youtube pada 09 Agustus 2015. Dalam keterangannya, film tersebut terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi setelah demonstrasi di Prancis pada tanggal 11 Januari 2015. Film berdurasi 4:40 menit ini bercerita tentang sosok Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam dan kedamaian yang diajarkannya. Namun juga memberi gambaran bagaimana respon dunia terutama Prancis paska kejadian Charlie Hebdo.
Selamat menyaksikan film “Dessinez le Prophete”. Semoga bermanfaat.

Salam hangat tetap semangat,
sumber : Iwan Yuliyanto

Comments

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MENGERIKAN DIBALIK FILM MASHA AND THE BEAR

Langsung aja gan: Masha and the Bear menceritakan tentang kehidupan anak kecil bernama Masha bersama seekor Beruang baik pensiunan sirkus. Tapi kalian tau ga, ada cerita kelam dari animasi tersebut. 1. Masha sebenarnya sudah mati, iya benar sudah mati. yang kalian lihat di acara televisi adalah untuk mengenang Masha . Di dunia nyata, Masha adalah anak perempuan biasa. Sampai suatu hari datang sirkus keliling di daerahnya, Masha sangat senang dan meminta orang tuanya untuk pergi ke sirkus itu. Di sirkus mereka melihat banyak pertunjukan, tapi entah mengapa Masha lepas dari pengawasan orang tuanya. Kemudian Masha mengendap-endapke sebuah tempat, masalahnya tempat itu adalah kandang beruang. Singkatnya Masha mati dimakan oleh beruang, dan orang tua mereka pun depresi berat. Iyahhhhhh, selain itu di dalam animasi. Orang tua Masha tidak pernah terlihat di dalam acara, karena depresi berat orang tua Masha akhirnya bunuh diri. 2. si beruang merupakan figure ayah bagi Masha (

PENDAFTARAN TAMTAMA BRIMOB POLRI TH. 2018 / CATAM POLISI 2018

PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA POLRI T.A. 2018 INFO TERBARU PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA POLRI T.A. 2018 Kepolisian Negara Republik Indonesia menyelenggarakan penerimaan Tamtama Brimob melalui kegiatan seleksi di tingkat Panda  dengan persyaratan sebagai berikut : a.   Persyaratan umum –        Warga Negara Indonesia (pria) –        beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; –        setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; –        sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan); –        tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK); –        berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela; dan –        bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang Kepolisian. b.  Persyaratan lain :

20 Tempat Download Film Lengkap dan Paling Baru

Gak sempat nonton ke bioskop karena masalah uang dan waktu? Gak usah panik. Karena sekarang sudah banyak situs yang menyediakan download film-film baru. Agar memudahkan kamu, berikut Situs Zero sediakan  daftar situs download film terbaik . Situs Download Film Terbaik Sebagai penggemar film, menonton film itu sudah menjadi hal yang wajib. Bukan hanya film baru, bahkan film lama pun harus dikoleksi agar bisa ditonton di kemudian hari. Lupakan bioskop, kamu bisa download film baru atau lama di situs-situs film gratis berikut: 1.  FilmGan Mungkin maksud pemilik situs ini bilang  "Suka nonton film, Gan? ke FilmGan aja!" .  FilmGan hadir dengan tampilan yang segar dan nyaman dipandang, bebas iklan! Saat ini FilmGan masih dalam  proses update  film-film. Jika dilihat dari kategorisasi yang disediakan, terlihat FilmGan bukan hanya akan menyediakan film baru, tapi juga film-film lama terbaik yang banyak dicari. Tertarik? 2.  MovieGan Selain FilmGa