Skip to main content

Menjemput Hidayah: #1

MH #1: Arnoud Van Doorn | Mantan Penghina Nabi

Bismillah …
Sungguh Allah Maha Berkehendak, yang membolak-balikkan hati siapa saja yang dikehendaki-Nya. Ada hamba-Nya yang dulu berada di barisan depan dalam mengobarkan permusuhan terhadap Islam, namun setelah mendapatkan hidayah-Nya, ia kemudian berbalik menjadi orang di barisan depan yang menjaga kemuliaan agama Islam, hingga memotivasi banyak orang kembali pada fitrah-Nya.
Melalui jurnal Seri Menjemput Hidayah ini, kita bisa mengambil pelajaran bagaimana mereka yang dulunya benci, lalu berbalik, gigih mencari kebenaran, dan berjuang menjemput hidayah-Nya. Selamat menyimak.

========
#1 – Arnoud Van Doorn
Apakah Anda masih ingat dengan film provokatif berjudul “FITNA” yang diproduksi pada tahun 2008?
Film yang isinya menghubung-hubungkan Islam dan Al-Qur’an dengan kekerasan. Film tersebut telah memicu gelombang protes di berbagai belahan dunia. Akan tetapi, siapa yang menyangka jika film tersebut justru menuntun produsernya, Arnoud van Doorn, kepada cahaya kebenaran Islam. Arnoud van Doorn, -mantan wakil ketua Partai Kebebasan (Partij voor de Vrijheid/PVV), sebuah partai politik sayap kanan garis keras di Belanda milik Geert Wilders-, pada tahun 2013 lalu, telah memutuskan menjadi seorang Musilm setelah mempelajari Al-Qur’an secara mendalam dan membaca lebih banyak tentang Islam dan Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam.
Segera ia melakukan ibadah Haji ke Arab Saudi dan mengunjungi Masjid Nabi untuk menyampaikan permohonan maaf dan penyesalannya dihadapan para ulama disana atas keterlibatannya dalam usaha menyebarkan kebencian atas Islam, dan ia ingin bertanggung jawab dengan memperbaiki kesalahan yang telah ia lakukan di masa lalu. Ia ingin menggunakan segala bakat dan kemampuan yang ia miliki dalam cara yang positif dengan menyebarkan kebenaran tentang Islam[Huffington Post]
Tentu saja, masuk Islamnya Arnoud Van Doorn membuat Belanda gempar. Pasalnya, Van Doorn adalah teman Geert Wilder yang dikenal luas sebagai politisi anti-Islam hingga kini. Sedangkan, Van Doorn setelah menemukan cahaya Islam, kini menjabat sebagai anggota Dewan Kota Den Haag dari partai PvdE, Presiden Yayasan Dakwah Eropa, dan Duta Besar dari Hubungan Pesohor untuk Asosiasi Dakwah Kanada di Eropa.
Tidak lama kemudian, Iskander Amien De Vrie, putranya Van Doorn, juga mengikuti jejak sang ayah menjadi seorang Muslim. De Vrie menemukan hidayah setelah melihat ayahnya menjadi lebih damai setelah masuk Islam. Saat itulah ia menyadari ada sesuatu yang baik dalam agama Islam, dan itu akhirnya mengubah persepsinya tentang Muslim. [Republika]
Apa alasan Van Doorn masuk Islam dan bagaimana ia mendapatkan hidayah?
Mari bersama kita simak pidatonya di bawah ini, dalam “Carry the Light – Annual Convention 2013″ yang diselenggarakan oleh Islamic Circle of North America (ICNA), Kanada.

Transkrip:
Pertama-tama, saya mohon maaf untuk bahasa Inggris saya yang kurang bagus.
Nama saya Arnoud van Doorn, 47 tahun, lahir dan besar di Belanda. Saya tumbuh dalam keluarga Kristen dengan norma dan nilai-nilai Kristen.
Banyak orang mengatakan bahwa pindah dari Kristen ke Islam itu sangat sulit. Saya pikir itu tidak benar, karena orang Kristen juga meyakini adanya satu Tuhan, serta para nabi, termasuk Yesus atau Isa. Kita sama-sama meyakini agama Ibrahim. Jadi, bagi saya, pindah dari Kristen ke Islam, tidak terlalu sulit. Saya pikir lebih sulit pindah dari atheisme ke Islam.
Saya mempunyai empat anak angkat, tanpa anak kandung. Yang terkecil 9 tahun, Jamal, dari Maroko. Yang tertua, perempuan, 22 tahun, sudah mandiri.
Profesi asli saya adalah penasehat remaja dan keluarga. Biasa bekerja di bidang yang menantang di wilayah miskin yang rawan kejahatan. Saya juga biasa bekerja dengan banyak keluarga muslim.
Bagaimana saya menjadi anggota PVV (Partai Kebebasan) Geert Wilders?

Itu banyak ditanyakan orang.
Sebenarnya saya tidak pernah Islamofobis, tetapi sangat kritis menyangkut prasangka kebanyakan orang Barat tentang Islam, misalnya bahwa Islam mengajarkan kekerasan, penindas wanita, teroris, dan hal-hal buruk lain. Hal itu disebabkan ketidak-tahuan yang tentu tidak bisa dijadikan alasan, termasuk oleh saya. Saat itu saya sudah menjadi anggota Dewan Kota Hague mewakili partai lokal. Jadi, saya tahu struktur dan cara kerja politik.
Saya pun pernah ikut latihan tentang media. Geert Wilders menanyai saya … apakah saya mau membantu dia mendirikan sebuah partai, sekitar 5-6 tahun yang lalu. Itu terdengar menarik. Kemudian saya setujui, dan selanjutnya menjadi anggota PVV. Tanggung-jawab saya di bidang humas untuk memengaruhi masyarakat dan media.
Saya juga menulis pidato untuk Geert Wilders. Setelah pemilihan 3 tahun yang lalu, saya menjadi anggota Dewan Kota Hague mewakili PVV. Karena itu saya harus melepaskan pekerjaan awal dan sepenuhnya bekerja untuk Geert Wilders, 60-70 jam seminggu.
Mengapa Islamofobia tumbuh pesat di negara-negara Barat, khususnya Belanda?
Sepertinya ada beberapa alasan …
Kalau berada dalam krisis biasanya orang mencari kambing hitam. Dan muslim adalah kambing hitam untuk krisis yang sedang dihadapi Belanda. Semua kesalahan ditimpakan pada masyarakat muslim. Semua kejahatan terjadi gara-gara Islam, Islam itu jahat. Para politisi dan media memanfaatkan Islam sebagai musuh bersama … dan mereka berhasil!
Lalu bagaimana saya berubah dari kritis pada Islam menjadi muslim?
Setelah di PVV selama sekitar 3 tahun, saya mulai bimbang karena orang mengingatkan bahwa persepsi saya tentang Islam salah, bahwa Islam sesungguhnya adalah agama damai, dan sebagainya. Waktu itu saya pikir, ya, tentu saja mereka harus bicara begitu … tetapi faktanya lain. Sekali pun begitu, hati saya bimbang … saya harus memelajari lebih jauh apakah Islam memang jelek.
Saya mulai membaca bahan-bahan yang bukan propaganda PVV termasuk Qur’an, sunnah, hadits. Saya menemukan banyak kebenaran dan keindahan. Jadi, saya pikir sebenarnya Islam tidak begitu jelek. Saya semakin ingin tahu tentang Islam.
Seorang teman di Dewan Kota Hague, seorang muslim mengajak saya ke masjid di Hague. Mula-mula saya menolak karena bagi saya masjid adalah tempat yang berbahaya, banyak orang jahat, saya akan diserang, dan sebagainya. Tetapi teman tadi berhasil membujuk saya dan saya kaget karena semua orang di masjid sangat ramah. Saya segera merasa diterima. Kami berbincang lama di situ. Saya di sana dari sekitar jam 11-12 siang sampai sekitar jam 8-9 malam. Itu sama sekali tidak saya duga.
Awalnya saya mengira saya benar tentang Islam dan bahwa semua muslim jahat. Kemudian sesuatu terjadi … sesuatu dalam diri yang sulit diungkapkan. Saya mulai merasa bahwa ini agama yang sangat bijak, indah, damai. Di dalam masjid saya mendapat perasaan hangat. Saya tidak terkejut, tetapi bingung. Sampai di rumah pun pikiran saya berkecamuk, tidak mengerti, bimbang. Saya tidak bisa tidur sepanjang malam.
Paginya, saya pikir saya harus kembali ke masjid, … dan saya kembali ke sana, berbincang lagi, membaca, belajar, bicara dengan banyak ahli dan muslimin. Dalam proses itu, selama 6-7 bulan, perasaan saya bergeser dari ingin tahu … menjadi keyakinan bahwa Islam memang cocok untuk saya. Bukan sesuatu yang saya duga sebelumnya, tetapi sungguh-sungguh terjadi.
Setelah 2 bulan, saya keluar dari PVV dan mengatakan pada Geert Wilders bahwa PVV bukan tempat saya … seharusnya saya tidak di situ … saya sudah keliru. Dan saya memutuskan: Saya Keluar!
Itu suatu langkah besar karena saya tidak punya pekerjaan, tidak punya penghasilan. Lalu saya pulang naik sepeda, … terhenyak di sofa, … dan berpikir: “apa yang sudah saya lakukan?!”

Saya berhenti bekerja, dan tidak akan mendapat pekerjaan lain, karena semua orang sudah tahu saya, … tapi saya pikir … saya tidak peduli. Saat itu saya merasa kuat. Kekuatiran dari dalam itu tumbuh semakin besar . Terasa seperti selimut hangat ajaib. Semakin saya memahami Islam, semakin saya yakin itulah diri saya.
Ujung-ujungnya, saya mengucapkan syahadat …
Saat yang sangat emosional! Saya hanya berdua dengan imam masjid. Saya sangat emosional, meneteskan air mata. Sejak saat itu, saya seorang muslim.
Saya pikir saya harus melakukan sesuatu. Saya tidak sendiri. Di Belanda ada hampir 2 juta muslimin di antara 17 juta penduduknya. Semakin banyak orang sudah masuk Islam … itu sesuatu yang bagus!
Mereka semakin kalah dalam perang melawan Islam … saya yakin itu!
Dalam tahun ini saja (hingga Agustus 2013) jumlah orang yang masuk Islam meningkat 20% dibanding dalam seluruh tahun 2012. Pada umumnya mereka berusia muda, di bawah 25 tahun. Karena itu, saya pikir kita perlu mendekati anak-anak muda, karena mereka adalah masa depan. Sedangkan orang-orang seusia saya sudah terlalu tercemar informasi yang salah dari media dan politisi. Saya menganggap generasi tua sebagai “generasi yang hilang”.
Kita tidak perlu terlalu keras berusaha membuat mereka paham Islam … namun kita lebih berusaha mendekati generasi muda.
Banyak anak muda sungguh tertarik pada Islam. Mereka mendengar sangat banyak informasi bahwa Islam itu jahat, sesat, dan sebagainya. Tetapi kebanyakan anak muda, kalau dicekoki informasi semacam itu justru menjadi curiga dan malah ingin mencari informasi sendiri. Itu sesuatu yang bagus. Tidak ada cara mudah memerangi Islamofobia. Tetapi kalau kita berhasil merangkul para pemuda, kita ada di jalur yang benar.
Begitu pula dalam menghadapi pembenci Islam … tidak banyak gunanya kalau kita berdebat atau berusaha membujuk mereka. Tetapi menghadapi generasi muda yang sangat ingin tahu, kita harus sabar, mendengar argumentasi mereka. Berdialog dengan mereka adalah cara yang paling penting. Dialog adalah basis peradaban. Anak-anak muda senang berdialog.
Kalau kita marah ketika menghadapi Islamofobia … memang itulah yang diinginkan para politisi! … Mereka ingin ada banyak muslim yang marah dan kasar!
Kita harus menjadi contoh sebagai muslim yang baik, terutama di hadapan anak-anak muda; kita harus tampil sebagai masyarakat yang bermoral. Kita tidak kasar, kita tidak menindas wanita, kita tidak mendukung terorisme, kebanyakan dari kita tidak jahat. Kalau kita menjadi contoh yang baik, mau mendengar, sabar, mau berdialog, mereka akan memandang kita sebagai orang-orang biasa yang bernalar dan bijaksana, dan mereka akan bersimpati pada Islam. Tetapi setidaknya pengetahuan yang benar tentang Islam akan ikut memerangi Islamofobia. Saya sangat yakin tentang hal ini. Tidak peduli bagaimanapun usaha media dan politisi … mereka tidak akan menang. Islam terlalu kuat untuk dikalahkan. Namun kita harus sabar. Itu bukan sesuatu yang dapat dicapai dalam beberapa minggu, beberapa bulan, atau setahun. Mungkin akan perlu 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun. Ya tidak apa-apa. Kita harus sabar. “Sabar” adalah kata kuncinya.
Di Belanda saya sedang membangun organisasi pemuda sebagai wahana seminar, diskusi, dan informasi yang mudah bagi para pemuda dan anak-anak. Kelompok yang sudah ada meliputi anak-anak berusia mulai 7 tahun, muslim maupun non-muslim, sampai usia 22-25 tahun. Kebanyakan mereka berusia antara 12-18 tahun. Itulah kelompok yang mudah menerima informasi.
Di PVV saya pernah belajar keterampilan tentang media, cara memengaruhi orang, humas. Mereka tidak suka saya yang menggunakan ilmu dari mereka untuk melawan mereka. Saya bukan orang penting, ini bukan tentang saya, saya cuma manusia biasa yang ada di tangan Allah. Tetapi dengan menyebar-luaskan pengalaman saya … saya berharap dapat menyampaikan Islam yang sebenarnya.
===== end of speech ======
sumber : Bang Iwan Yulianto

Comments

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MENGERIKAN DIBALIK FILM MASHA AND THE BEAR

Langsung aja gan: Masha and the Bear menceritakan tentang kehidupan anak kecil bernama Masha bersama seekor Beruang baik pensiunan sirkus. Tapi kalian tau ga, ada cerita kelam dari animasi tersebut. 1. Masha sebenarnya sudah mati, iya benar sudah mati. yang kalian lihat di acara televisi adalah untuk mengenang Masha . Di dunia nyata, Masha adalah anak perempuan biasa. Sampai suatu hari datang sirkus keliling di daerahnya, Masha sangat senang dan meminta orang tuanya untuk pergi ke sirkus itu. Di sirkus mereka melihat banyak pertunjukan, tapi entah mengapa Masha lepas dari pengawasan orang tuanya. Kemudian Masha mengendap-endapke sebuah tempat, masalahnya tempat itu adalah kandang beruang. Singkatnya Masha mati dimakan oleh beruang, dan orang tua mereka pun depresi berat. Iyahhhhhh, selain itu di dalam animasi. Orang tua Masha tidak pernah terlihat di dalam acara, karena depresi berat orang tua Masha akhirnya bunuh diri. 2. si beruang merupakan figure ayah bagi Masha (

PENDAFTARAN TAMTAMA BRIMOB POLRI TH. 2018 / CATAM POLISI 2018

PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA POLRI T.A. 2018 INFO TERBARU PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA POLRI T.A. 2018 Kepolisian Negara Republik Indonesia menyelenggarakan penerimaan Tamtama Brimob melalui kegiatan seleksi di tingkat Panda  dengan persyaratan sebagai berikut : a.   Persyaratan umum –        Warga Negara Indonesia (pria) –        beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; –        setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; –        sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan); –        tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK); –        berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela; dan –        bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang Kepolisian. b.  Persyaratan lain :

20 Tempat Download Film Lengkap dan Paling Baru

Gak sempat nonton ke bioskop karena masalah uang dan waktu? Gak usah panik. Karena sekarang sudah banyak situs yang menyediakan download film-film baru. Agar memudahkan kamu, berikut Situs Zero sediakan  daftar situs download film terbaik . Situs Download Film Terbaik Sebagai penggemar film, menonton film itu sudah menjadi hal yang wajib. Bukan hanya film baru, bahkan film lama pun harus dikoleksi agar bisa ditonton di kemudian hari. Lupakan bioskop, kamu bisa download film baru atau lama di situs-situs film gratis berikut: 1.  FilmGan Mungkin maksud pemilik situs ini bilang  "Suka nonton film, Gan? ke FilmGan aja!" .  FilmGan hadir dengan tampilan yang segar dan nyaman dipandang, bebas iklan! Saat ini FilmGan masih dalam  proses update  film-film. Jika dilihat dari kategorisasi yang disediakan, terlihat FilmGan bukan hanya akan menyediakan film baru, tapi juga film-film lama terbaik yang banyak dicari. Tertarik? 2.  MovieGan Selain FilmGa