Skip to main content

Para Pahlawan yang Rela Mati Demi Pekerjaannya

Pahlawan tak hanya gelar yang disematkan pada mereka yang berjuang mengerahkan seluruh jiwa raganya menggunakan kekuatan militer. Mereka juga bisa muncul dari kalangan sipil, yang mungkin kesehariannya adalah orang biasa. Pada momen tertentu, dimana ia lebih memilih berkorban untuk orang lain tanpa peduli diri sendiri, itulah momen yang merubahnya menjadi seorang pahlawan.

Para pria dan wanita dalam kisah ini hanyalah orang yang sedang melakukan pekerjaan rutinnya. Namun kemudian mereka memutuskan melakukan hal yang melebihi tanggung jawab tugasnya untuk menyelamatkan banyak nyawa. Mereka pantas disebut pahlawan.


Alexei Ananenko, Valeri Bezpalov, dan Boris Baranov - Penyelam Chernobyl 

Beberapa hari setelah krisis kebocoran dan kebakaran reaktor nuklir Chernobyl bisa dikontrol, masih ada bahaya ledakan lain yang mengancam. Dua kolam dibawah reaktor yang berfungsi sebagai penampung air untuk pompa pendingin darurat terancam meledak. Kolam dan ruang bawah tanah dibanjiri air dari semprotan selama pemadaman reaktor dan pipa yang rusak.

Jika genangan dibiarkan, akan terjadi ledakan uap yang akan melemparkan partikel radioaktif ke udara dan akan membahayakan sebagian besar Eropa. Satu-satunya jalan mengatasi bahaya ledakan ini adalah membuka secara manual pintu air yang ada di dasar kolam. Tiga orang penyelam mengajukan diri sebagai relawan. Alexei Ananenko, Valeri Bezpalov, dan Boris Baranov akhirnya berhasil membuka pintu air setelah berenang melewati paparan radioaktif yang mematikan. Tak lama setelah mereka kembali dari penyelaman, mereka bertiga tewas.

Neerja Bhanot - Pramugari

Pada tahun 1986, Pesawat Pan Am Flight 73 dibajak oleh empat teroris bersenjata berat asal Libya setelah mendarat di Karachi, Pakistan. Neerja Bhanot, seorang pramugari senior di penerbangan tersebut segera memperingatkan kru pesawat yang berkebangsaan Amerika untuk segera melarikan diri. Karena pesawat telah mendarat, pilot dan ko-pilot beserta para teknisi berhasil melarikan diri. Sebagai awak senior yang tersisa, Bhanot mengambil alih tanggung jawab.


Para pembajak meminta paspor para penumpang untuk mengidentifikasi mana penumpang yang berkewarganegaraan Amerika. Bhanot menyelamatkan nyawa 41 orang Amerika dengan cara mencampakkan semua paspor ke saluran pembuangan sampah. Setelah 17 jam, para pembajak mulai menembak. Bhanot dengan berani membuka pintu darurat agar para penumpang bisa melarikan diri. Bukannya ikut melarikan diri, ia lebih memilih melindungi penumpang dari tembakan. Akhirnya ia tewas tertembak saat memeluk tiga orang anak untuk melindungi mereka dari hujan peluru.

Victoria Soto - Guru Sekolah Dasar Sandy Hook

Vicki Soto sedang mengajar di ruang kelas satu saat terjadi penembakan brutal oleh Adam Lanza. Soto segera menyembunyikan anak-anak SD tersebut kedalam lemari kelas. Ketika Lanza memasuki ruang kelas Soto, Lanza bertanya dimana anak-anak berada. Soto mengatakan anak-anak sedang berada di ruang olahraga.

Namun karena ketakutan, beberapa anak tak tahan berdiam diri di lemari persembunyiannya dan keluar melarikan diri. Lanza kemudian melepaskan tembakan ke arah anak-anak tersebut, namun dengan refleks Soto melompat menghalangi tembakan Lanza. Soto dan lima guru lainnya tewas setelah menyelamatkan nyawa anak didiknya. Mereka dianugerahi Presidential Citizens Medal.

Robert Cook - Instruktur Terjun Payung

Enam penerjun payung tewas pada tahun 2006 saat pesawat yang mereka tumpangi mengalami kerusakan mesin dan jatuh menabrak pohon setelah lepas landas dari bandara St. Louis, Missouri. Rencananya Robert Cook akan menjadi teman tandem Kimberley Dear, seorang turis muda asal Australia.


Saat pesawat tersebut menukik tajam, Cook memeluk erat tubuh Dear. Cook mengatakan tubuhnya akan menjadi bumper untuk mengurangi dampak benturan pada tubuh Dear saat pesawat jatuh. Dear mengalami patah tulang panggul, bengkok tulang belakang, dan cedera sepanjang tulang punggung, tapi ia selamat. Cook tewas demi menyelamatkan Dear.

Para Teknisi Kapal Titanic

Para teknisi bertanggung jawab untuk menjaga semua peralatan mekanik, termasuk mesin dan generator agar tetap berjalan baik selama pelayaran. Pada perlayaran perdana sekaligus terakhirnya, Titanic membawa 25 orang teknisi ditambah 10 orang tenaga elektrik dan ketel uap. Ketika Titanic tenggelam, seluruhnya tewas. Mereka semua tewas karena sengaja tetap bertahan di bawah dek untuk menjaga kapal mengapung selama mungkin.


Pompa air di kompartemen bagian depan terus berjalan dan kamar boiler terus memproduksi uap, yang terus mengalirkan listrik untuk penerangan sampai dua menit terakhir sebelum Titanic tenggelam. Tindakan mereka membuat kapal mampu menambah waktu mengapung  selama sejam. Dengan waktu tersebut, banyak sekoci penyelamat dapat diturunkan.

Para Ilmuwan Pelindung Bank Benih Leningrad

Koleksi benih terbesar Uni Soviet terletak di Vavilov Institute di Leningrad. Disana tersimpan setidaknya 250.000 varietas benih. Selama pengepungan 28 bulan oleh Jerman pada Perang Dunia Kedua, sekelompok ilmuwan melindungi benih-benih ini. Pengepungan menyebabkan penderitaan yang mendalam, dengan lebih dari 1,5 juta tentara dan warga sipil yang sekarat.

Vavilov Institute, Leningrad

Selama pengepungan, makanan tidak tersedia, rakyat harus melihat mayat-mayat bergelimpangan di pinggir jalan sambil menunggu giliran mereka ikut mati kelaparan. Para ilmuwan yang menjaga benih tersebut juga dilanda kelaparan, namun mereka bersikeras tak mau menyantap benih-benih yang tersimpan. Setelah peperangan berakhir, benih-benih ditanam dan akhirnya mampu menyelamatkan rakyat dari kelaparan. Rakyat Rusia berterimakasih kepada sembilan ilmuwan penjaga benih yang akhirnya meninggal kelaparan.

Para Petugas Kesehatan Penyakit Ebola

Selama wabah di Sierra Leone, Guinea, dan Liberia, lebih dari 500 dokter dan perawat meninggal karena Ebola. Sering kali petugas kesehatan ini harus harus berhadapan dengan pasien Ebola tanpa perlindungan dasar, seperti sarung tangan. Hal ini yang menyebabkan mereka akhirnya terpapar virus mematikan Ebola. Namun demikian para tenaga medis disana tetap melayani pasien dengan sepenuh hati. Setelah bantuan Internasional datang, alat pelindung kesehatan maksimum diberikan pada tenaga medis.

Comments

Popular posts from this blog

KISAH NYATA MENGERIKAN DIBALIK FILM MASHA AND THE BEAR

Langsung aja gan: Masha and the Bear menceritakan tentang kehidupan anak kecil bernama Masha bersama seekor Beruang baik pensiunan sirkus. Tapi kalian tau ga, ada cerita kelam dari animasi tersebut. 1. Masha sebenarnya sudah mati, iya benar sudah mati. yang kalian lihat di acara televisi adalah untuk mengenang Masha . Di dunia nyata, Masha adalah anak perempuan biasa. Sampai suatu hari datang sirkus keliling di daerahnya, Masha sangat senang dan meminta orang tuanya untuk pergi ke sirkus itu. Di sirkus mereka melihat banyak pertunjukan, tapi entah mengapa Masha lepas dari pengawasan orang tuanya. Kemudian Masha mengendap-endapke sebuah tempat, masalahnya tempat itu adalah kandang beruang. Singkatnya Masha mati dimakan oleh beruang, dan orang tua mereka pun depresi berat. Iyahhhhhh, selain itu di dalam animasi. Orang tua Masha tidak pernah terlihat di dalam acara, karena depresi berat orang tua Masha akhirnya bunuh diri. 2. si beruang merupakan figure ayah bagi Masha (

PENDAFTARAN TAMTAMA BRIMOB POLRI TH. 2018 / CATAM POLISI 2018

PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA POLRI T.A. 2018 INFO TERBARU PEMBUKAAN PENDAFTARAN PENERIMAAN TAMTAMA POLRI T.A. 2018 Kepolisian Negara Republik Indonesia menyelenggarakan penerimaan Tamtama Brimob melalui kegiatan seleksi di tingkat Panda  dengan persyaratan sebagai berikut : a.   Persyaratan umum –        Warga Negara Indonesia (pria) –        beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; –        setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; –        sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan); –        tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK); –        berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela; dan –        bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada semua bidang Kepolisian. b.  Persyaratan lain :

20 Tempat Download Film Lengkap dan Paling Baru

Gak sempat nonton ke bioskop karena masalah uang dan waktu? Gak usah panik. Karena sekarang sudah banyak situs yang menyediakan download film-film baru. Agar memudahkan kamu, berikut Situs Zero sediakan  daftar situs download film terbaik . Situs Download Film Terbaik Sebagai penggemar film, menonton film itu sudah menjadi hal yang wajib. Bukan hanya film baru, bahkan film lama pun harus dikoleksi agar bisa ditonton di kemudian hari. Lupakan bioskop, kamu bisa download film baru atau lama di situs-situs film gratis berikut: 1.  FilmGan Mungkin maksud pemilik situs ini bilang  "Suka nonton film, Gan? ke FilmGan aja!" .  FilmGan hadir dengan tampilan yang segar dan nyaman dipandang, bebas iklan! Saat ini FilmGan masih dalam  proses update  film-film. Jika dilihat dari kategorisasi yang disediakan, terlihat FilmGan bukan hanya akan menyediakan film baru, tapi juga film-film lama terbaik yang banyak dicari. Tertarik? 2.  MovieGan Selain FilmGa